PENGERTIAN MANAGEMENT
Istilah
manajeman berasal dari kata management dalam bahasa inggris,turunan dari kata
to manage artinya mengurus.Manajeman dapat diartikan bagaimna cara
mengatur,membingbing, dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya dalam
mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan.
Istilah manjemen mempunyai tiga pengertian yaitu:
1.manajemen sebagai proses
2.manajemen sebagai kolektivitas orang orang yang
melakukan aktivitas manajemen
3.manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu
ilmu
Encyclopmedia of the social science menyebutkan
bahwa manajemen dan dengan merupakan
suatu proses ini suatu tujuan tertentu dielenggarakan dan diawasi.Menurut
haimann manajemen merupakan fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan
orang lain dan mengawasi usaha usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.Sedangkan
menurut George R.Terry dalam bukunya yang berjudul principles of management,
manajemen adlah suatu proses yang membedakan atas
perencanan,pengorganisasian,penggerakan pelaksanaan,dan pengawasan dengan
memanfaatkan ilmu maupun seni agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
PRINSIP
MANAJEMEN
Dalam praktiknya
pelaksanaan prinsip manajemen tidak boleh kaku melainkan harus luwes.Prinsip
manajemen dapat diubah sesuai dengan organisasinya.
Menurut Henry Fayol prinsip prinsip manajemen yaitu:
1.Pembagian kerja berimbang
Dalam
pembagian kerja seorang manajer tidak boleh pandang buluk akan tetapi harus
bersikap sama baik dan beban kerja yang berimbang
2.Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang
tegas dan jelas
Setiap
karyawan harus diberi wewenang sepenuhnya untuk melakanakan tugas dengan baik
dan mempertanggung jawabkan atas kerjanya kepada atasan secara langsung.
3.Disiplin
Disiplin
dapat diartikan bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya
4.Kesatuan perintah
Setiap
karyawan hendaknya hanya mendapat satu perintah dari seorang atasan langsung
bukan dari beberapa orang yang sama sama merasa menjadi atasan para karyawaan.
5.Kesatuan arah
Kegiatan
mempunya tujuan yang sama dan dipimpin oleh seorag atasan langsung serta tujuan
yang sama.
6.Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan
pribadi
Ketika
seorang sedang bekerja sebagai kerabat kerja maka semua kepentingan pribadi
harus dikesampingkan
7.penggajian
Pemberian gaji dan cara pembayarannnya hendaknya dapat memuaskan
8.Sentralisasi
Kewenangan
untuk suatu kebijakan hendaknya dipegang oleh administrator
9.Jenjang jabatan
Para
karyawan harus tunduk kepada mandor dan msndor harus tunduk kepada kepala seksi
dan seterusnya
10.Tata tertib
Dalam
tata tertib terdapat perintah dan larangan,perizinan,dan berbagai peraturan
yang menjamin kelancaran kerja
11.Keadilan
Semua karyawan harus dianggap penting dan
sama baiknya
12.Pemantapan jabatan
Setiap
pejabat atau karyawan hendaknya tidak sering diubah ubah tugas dan jabatanya
13.Prakarsa
Prakarsa
atau inisiatif yang timbul dari kalangan kerabat kerja hndaknya mendapat
penghargaan
14.Solidaritas
Rasa
setia kawan biasanya muncul karena kerja samadan hendaknya dimanfaatkan untuk
kepentingan yang positif.
TINGKATAN
MANAJEMEN
Seorang
pemimpin(atasan) harus memiliki kemampuan (skills)yaitu
1.managerial skills:kemampuan untuk mempergunakan
kesempatan secara efektif serta kecakapan untuk memimpin usaha usaha yang
penting.
2.Technological skills:keahlian khusus yang bersifat
ekonomis yang diperunakan pada pelaksanaan pekerjaan ekonomis.
3.Organizational skills:kecerdasa untuk mengatur
berbagai usaha.
Dalam kenyataanya setiap oemimpin tidak harus
memiliki seluruh kemampuan dalam intesitas yang sama.dalam hal ini tingkat
kepemimpinan atu manajemen terbagi menjadi tiga yaitu:
1.Top management(manajemen tingkat atas)
Merupakan
manajemen tertinggi yang bertugas mengambil atau menetepkan kebijakan operasional dan membingbing
interaksi organisasi.
2.Middle management(manajemen tingkat menengah)
Mengambangkan rencana rencana operasi dan menjalankan tugas yang ditetapkan
oleh manajemen puncak.
3.Lower management(manajemen tingkat rendah)
Merupakan
manajemen yang menjalani tugas yang dibuat oleh manajemen menengah.
Jenis jenis kegiatan manajer dapat dibedakan menjadi
empat:
1.Board of manager:memimpin organisasi atau
perusahaan secara keseluruhan
2.President manager:memimpin para manajer untuk
membentuk team work
3.Divisions heads:memimpin karyawan di berbagai
bidang
4.Superintendent:memimpin para karyawan agar
melaksankan pekerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi.
SARANA
MANAJEMEN
Untuk mencapai tujuan biasanya manajemen memerlukan
sarana.Sarana biasa disebut dengan 6m yaitu:
1. man(manusia)
2. Money(uang)
3. Material(bahan
bahan)
4. Machines(mesin)
5. Methods(cara)
6. Market(pasar)
FUNGSI
MANAJEMEN
Untuk mencapai suatu tujuan maka di butuhkan fungsi
manajemen.Fungsi manajemen di bagi menjadi lima yaitu:
1.perencanaan(plannging)yaitumenentukan serangkaian
tindakan untuk mencapai suatu hasil yang di tentukan sebelum melakukan
kegiatan.
2.Pengorganisasian(organizing)yaitupembagian tugas
yang akan di kerjakan dan pengembangan struktur organisasi agar pekerjaan dapat
selesai dengan baik.
3.Pengarahan(directing)yaitu usaha memberikan
bimbingan,saran,motivasi,dan perintah kepada bawahaan. Hal ni di maksudkan agar
pekerjaan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah di tentukan
sebelumnya.
4.Pengoordinasian(coordinating)yaitu untuk mencegah
terjadinya perselisihan dan pekerjaan lebih terarah.
5.Pengendalian(controlling)yaitu
menentukan dan mengoreksi adanya kesalahan dari tujuan.
PENGERTIAN
ORGANISASI
Terdapat
beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu
sama lain, dan ada pula yang berbed Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai
tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan
sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam
memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang
digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
1.Stoner mengatakan bahwa organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2.James D. Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama Chester I. Bernard
berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
3.Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai
suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. .
Sebuah organisasi dapat terbentuk
karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi
sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat
diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi
seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai
anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran
Orang-orang yang ada di dalam suatu
organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerusRasa keterkaitan ini,
bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi
menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada
saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara
relatif teratur
sumber
1.
^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x Keith Davis, Human
Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London: 1962).Hlm.15-19
2.
^ Singarimbun, Masri dan
Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New York: Random
House.Hlm. 132
4.
^ Horton, Paul B. dan
Chester L. Hunt. 1984. Sociology. Edisi keenam. International Student Edition.
Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.Hlm. 89
5.
^ Stephen P.Robbins. Teori
Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994), hlm.4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar